Cara Mengatasi Vagina Yang Gatal

Berbagai Cara Untuk Cara Mengatasi Vagina Yang Gatal

Hasil gambar untuk gambar orang garuk garuk vagina

Cara Mengatasi Vagina Yang Gatal. Vagina gatal akan dapat menjadi gejala iritasi, infeksi bakteri atau jamur, bahkan bisa menyebabkan gejala penyakit.

Tentunya penyakit tersebut sangat berbahaya. Infeksi, Penggunaan bahan kimia, penyakit menular karena seksual, stress bisa menjadi penyebabnya.

Vagina gatal ini merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada anak – anak hingga orang dewasa serta cenderung tidak membahyakan. Tapi jika situasi ini berlanjut hingga lebih dari beberapa hari / di sertai dengan gejala lain, kami anjurkan untuk memeriksanya ke dokter.

Penyebab Vagina Gatal Yang Perlu Diketahui

Untuk gatal pada vagina ini dapat terjadi karena satu / kombinasi dari beberapa penyebab. Maka dari itu dokter sangat perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab aslinya.

Di bawah ini ada beberapa penyebab umum yang dapat terjadi di antaranya adalah :

Penggunaan Dari Bahan Kimia

Gatal ini dapat di sebabkan dari iritasinya vagina akibat bahan – bahan kimia yang bisa terdapat pada krim, sabun, tisu, pembalut yang di gunakan bahkan kondom.

Infeksi Dari Jamur

Bisa di sebut juga dengan kadidiasis vagina. Yaitu infeksi jamur yang rumbuh dengan berlebihan pada vulva serta vagina. Infeksi ini lebih beresiko terjadi pada saat wanita sedang mengalami kehamilan.

Atau bisa berisko juga saat menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seks serta ketika sistem kekebalan tubuhnya yang sedang meemah. Selain gatal juga jamur akan membuat vagina mengeluarkan cairan bewarna ptuih serta kental.

Vaginosis Dari Bakteri

Mungkin jika berada bakteri – bakteri yang sehat pada vagina adalah hal yang normal. Tapi bakteri jahat akan menyebabkan infeksi serta rasa yang sangat gatal.

Selain itu juga umumnya Vaginosis Bakteri ini akan di iringi gejala seperti rasa yang sangat perih bahkan sampai keluarnya cairan bau dari vagina.

Penyakit Dari Menularnya Seksual ( PMS )

Klamidia, trikomoniasis, herpes serta gonore merupakan beberapa jeni PMS yang nantinya akan membuat vagina gatal sekali.

Menopause

Sudah pastinya turunnya produksti estrogen pada akhir masa reproduksi wanita itulah yang menyebabkan dinding pada vagina menipis serta mengering, sehingga nantinya akan menyebabkan iritasi serta vagina gatal. Selain pada menopause kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

Lichen Sklerosis

Bercak putih yang ada pada kulit di sekitar kemaluan, Kondisi yang sangat jarang terjadi in umumnya akan di alami pada wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain contohnya seperi psoriasis dan eksim juga akan dapat menyebakan kegatalan yang luar biasa.

Kanker vulva

Akibat gatal juga bisa menjadi gejala kanker pada organ intim wanita.

Stress

Meskipun jarang terjadi, tapi kondisi emosional yang tidak stabil tentunya dapa mengakibatkan sistem kekebalan menurun drastis sehingga membuat tubuh menjadi beresiko mengalami gatal dan iritasi.

Gatal yang terdapat pada daerah wanita tidak bisa diaanggap sepele. Apabila vagina kalian terasa sangat amat gatal sekali, kami himbau untuk berobat ke dokter.

Perlu di ketahui juga kalian tidak boleh sembarangan garuk ataupun mengonsumsi obat yang belum bisa terpercaya penuh untuk mengatasi gatal pada area vagina.

Kalian Harus Mewaspadai Gejala Ini

Memang iritasi terhadap vagina pada umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Bila tidak sebaiknya segera memeriksakan diri terhadap dokter unutk mendapati penanganan yang sangat tepat.

Tentunya kalian harus memeriksakan diri ke dokter bila terjadi gejala seperti di bawah ini :

  • Bisul ataupun luka seperti sariawan pada vulva.
  • Keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina.
  • Merasa sulit atau perih saat buang air kevil.
  • Gatal yang di sertai pendarahan serta pembengkakan.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk dengan pemeriksaan dalam serta menganjurkan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, urine, cairan vagina.

Tentunya vagina yang gatal akan di tangani dengan berbeda, pastinya tergantung dari jenis serta penyebabnya di antaranya :

  • Infeksi dari menularnya seks akan di tangani dengan antibiotik.
  • Gatal yang di sebabkan oleh menopause itu akan di tangani dnegan krim / tablet estrogen.
  • Obat antihistamin di gunakan untuk mengatasi gatal akibat dari alergi.

Itulah penjelasan untuk mengatasi vagina yang gatal. Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Baca juga Cara Mengatasi Mata Jika Bengkak

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.